Saturday, November 30, 2019

CILPAA Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability



Pertunjukan Tari, Musik dan Pameran karya Seni Rupa Anak Bangsa
Pagelaran Wayang Lakon Dewa Ruci oleh Dalang Halilintar Cokro Padnobo
Pagelaran Tari oleh AMK


Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan di dunia pendidikan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya negara yang berlomba-lomba menciptakan sebuah teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia terutama pada bidang pendidikan. Teknologi yang sering mengalami pembaruan dari masa ke masa salah satunya adalah teknologi digital. Peran teknologi digital dalam dunia pendidikan sangat berpengaruh khususnya dalam aktivitas belajar. 

Manfaat kemajuan teknologi digital dalam bidang pendidikan bagi guru, peserta didik, dan staf karyawan di antaranya adalah: a) dapat memanfaatkan akses dengan mudah dan cepat dalam mencari suatu informasi b) dapat menjalin komunikasi dengan orang lain khususnya untuk mencari informasi yang bermanfaat. dan c) dapat menginternalisasikan suatu gagasan pikiran dalam bentuk teks, grafik, suara maupun gambar. Mencermati fenomena di atas, pendidikan tidak lagi didefinisikan sebagai sebuah proses transfer pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik akan tetapi lebih dari itu, kita sedang mengalami apa yang disebut era digitalisasi pendidikan. Dalam era teknologi digital, peserta didik maupun guru memiliki keleluasaan dalam mempelajari kesenian. Berbagai hal positif yang dapat diperoleh melalui teknologi digital, diantaranya: siswa dapat mencari informasi tentang kesenian apapun dari belahan negara manapun, dapat mengasah daya kepekaan dan kreatifitasnya dalam bidang seni yang mereka minati. 

Melalui kegiatan ini generasi muda dapat mengungkapkan ekspresi jiwa dan pikiran mereka melalui karya. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi media pembelajaran dan pengalaman menjadi seorang seniman, apresiator, dan kreator. Berdasarkan paparan di atas, para mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Seni khususnya Semester 2 mempunyai harapan besar agar kegiatan ini dapat direncanakan dan diselenggarakan dengan baik. Mengajak semua pihak untuk berpartisipasi guna mensukseskan acara tersebut.

Festival Seni
CILPAA
Creativity, Innovative, Learn, Productive of Art in Ability
Pertunjukan Tari, Musik dan Pameran karya Seni Rupa
Pagelaran Wayang Lakon Dewa Ruci oleh Dalang Halintar Cokro Padnobo S.Sn., M.Sn.
Pagelaran Tari Bregadha Samber Nyawa oleh Aswa Muswanda Kusuma
Jumat, 29 November 2019 | Pukul 18.00 WIB
@ Bentara Budaya Solo
Mahasiswa Pascasarjana UNS Program Studi Pendidikan Seni mempersembahkan Festival Seni Cilpaa sebagai bentuk kerja sama Tim dalam Mata kuliah manajemen seni pertunjukan. Tema pagelaran ini adalah mengangkat tentang kreativitas, inovatif, pembelajaran, produktif dan kegunaannya dari sebuah seni. Seni tidak hanya berbicara tentang nilainya saja tetapi bagaimana seni mampu berkembang bagi para awam di era saat ini. Untuk itu pagelaran ini mengajak para generasi muda khususnya para pelajar di tingkat SMP berani berekspresi dan berkarya dalam pagelaran ini. Terimakasih kepada @smpbintanglautsurakarta , SMP 1 Surakarta, dan SMP 1 Jaten atas partisipasi menghantarkan putra-putrinya untuk berkarya dalam pagelaran ini. Didukung pula @bentarabudayasolo untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Terimakasih kepada seluruh pihak yang berkenan membantu kami dari awal hingga akhir yang tidak dapat kami sampaikan satu per satu. 
Datang dan saksikan pagelaran ini karena akan didukung oleh Pertunjukan Tari Bregadha Samber Nyawa dari komunitas @amk_surakarta dan pagelaran wayang padat dengan lakon Dewaruci oleh Dhalang Ki @halintar_cokro . Pagelaran ini akan dipandu oleh @damriaprizal sebagai pembawa acara. 
#bentarabudayasurakarta 
#pascasarjanauns 
#salambudaya 
Panitia oleh:
@yulvianto_wibawa 
@agnanovia 
@fatmakiki104 
@s.bawon31 
@rosaartdance 
Photographer event: @danank_daniel_galingsonk

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Aplikasi Penghasil Cuan :D Dirumah saja tetap Dapet Duit !!!

Hallo Bosskyuuh semua. Perkenalkan aku Patrick Ananta berasal dari Jawa Tengah. Aku sudah lama sekali dirumahkan dikarenakan covid19 sehingg...