Thursday, November 22, 2018

Perbedaanya UI & UX



Perbedaanya UI & UX Design?

Beberapa orang tidak mengetahui secara pasti mengenai User Interface (UI) dan User Experience (UX), bahkan ada yang menganggap UI dan UX merupakan suatu hal yang sama. Pada faktanya UX dan UI itu berbeda, namun satu sama lain saling berhubungan. HCI (Human Computer Interaction) Concept
Yang pertama, kita harus tahu konsep dari HCI dulu. Karena Human Computer Interaction adalah hal yang sangat berhubungan sekali dengan UI & UX Design.


Apa yang kita lakukan dengan device, komputer, atau laptop selama ini, merupakan bagian dari HCI. Dimana saat kalian menggeser mouse, menekan keyboard, menggeser layar smartphone, gesture, dan anda bisa mendapatkan control penuh terhadap device tersebut. Nah itu yang dinamakan interaksi.
Belajar UI/UX Design kita juga harus tahu interaksi 2 hal tersebut. USER & DEVICE. Kita harus mendesain bagaimana apps, web, dan platform yg lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan. Lalu apa bedanya UI & UX Design?

UI is about how the product is laid out (tertata).

UX is about how the product feels.
 
 
UI DESIGN


Bahasa gampangnya, UI Design adalah bagaimana suatu product yang kamu buat terlihat seperti apa. Apa yg bisa dilihat oleh mata (visible) ya itu UI Design.
Gambar diatas memperlihatkan ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design. User interface designer akan mampu memproduksi 4 hal diatas dengan sangat baik. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll.


Untuk UI designer mereka lebih fokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Visualisasi adalah kunci dari UI design dan fokus pada bagaimana tampilan interface yang akan dipakai user bisa menjadi menarik. Penataan bentuk yang kita lihat pada user interface adalah karya seorang UI designer.

UX DESIGN


Lalu bahasa gampangnya UX Design adalah proses untuk membuat product yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh user.
User experience memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan research pasar sampai kemudian diimplementasi kedalam sebuah interface.


Mereka harus fokus terhadap perancangan, menjembatani bagaimana tampilan nanti mampu bekerjasama dengan sistem
UX designer harus mengeksplorasi lebih dalam bagaimana memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Salah satu hal yang harus dipahami UX designer ialah harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user.
Ada sekiranya 23 step yang harus dipersiapkan. 

Link : UX Project Checklist

Nah udah paham kan ya, apa sih perbedaannya UI & UX? Jadi kesimpulannya UI & UX itu adalah hal yang berbeda tapi saling terkait. Dan tugas dari UI/UX Designer sendiri bukan berarti dia cuma bisa membuat design suatu aplikasi atau website yang keren, ciamik dan bagus. Tapi bagaimana dia memecahkan suatu masalah, membuat aplikasi tersebut terlihat simple, dan mudah untuk digunakan.


References :
 
Ketika Otak, Perut, dan Dompet Tidak Cukup: Beda antara UX dan UI

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Aplikasi Penghasil Cuan :D Dirumah saja tetap Dapet Duit !!!

Hallo Bosskyuuh semua. Perkenalkan aku Patrick Ananta berasal dari Jawa Tengah. Aku sudah lama sekali dirumahkan dikarenakan covid19 sehingg...