Thursday, November 28, 2019

Solo Trade Expo 2019



Solo Trade Expo 2019 digelar selama empat hari, 28 November hingga 1 Desember 2019 di Balai Kota Solo. Solo Trade Expo 2019 merupakan acara pamungkas Dinas Perdagangan Solo dengan konsep expo, edukasi, dan hiburan. 

Solo Trade Expo ini untuk mendongkrak gairah perekonomian bersama pelaku usaha di Kota Solo yang akan diikuti sebanyak 120 stan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dari berbagai bidang usaha. 

UMKM yang berpartisipasi dalam pameran ini meliputi berbagai bidang usaha seperti kuliner, fashion, souvenir, aksesoris hingga otomotif. Selain memamerkan produk unggulan dari UMKM binaan dinas, turut dihadirkan pula produk BUMN, BUMD, dan swasta. 

Selain pameran produk, Solo Trade Expo 2019 juga menghadirkan beragam rangkaian acara, seperti sosialisasi dan konsultasi terkait perizinan UMKM, PIRT, hak paten merek, lomba mewarnai pola batik oleh anak TK dan SD hingga fashion.

Solo Trade Expo tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena didahului dengan pelatihan marketing online untuk mencetak reseller pada 18 November 2019. Melalui pelatihan ini diharapkan terbentuk reseller yang akan membantu penjualan secara online produk UMKM yang menjadi peserta pameran setelah acara.

Tujuan pameran untuk memaksimalkan penjualan pada saat kegiatan dan setelah kegiatan yang bersifat kesinambungan akan tercapai. Serta menjadi salah satu solusi pengurangan pengangguran dalam bentuk penempatan tenaga kerja nonformal. 

Dalam Solo Trade Expo 2019 ini ditargetkan omzet Rp300 juta, namun bukan target selama pameran itu saja, harapannya setelah pameran produktivitas UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) ini bisa meningkat.

Guna menarik minat pengunjung, Solo Trade Expo 2019 dilengkapi beragam hiburan, antara lain grup rap Los Pakualamos, artis cilik Joy The Voice Kids Indonesia, Putri Ariani penyanyi Theme Song Asian Para Games 2018, Drum Light, Big Fam's Indonesia dan OM Bolodewo. Adapun pada puncak acara akan hadir band ska reggae nasional Souljah.

Setiap hari akan ada acara yang berbeda. Mulai dari sosialisasi dan konsultasi terkait perizinan usaha mikro, kecil, dan menengah [UMKM], PIRT, lomba mewarnai pola batik, dan fashion show.

Solo Trade Expo 2019 akan diikuti 30an stan UMKM binaan Pemkot Solo, 30an stan kuliner, dan 60an stan instansi serta aneka produk, seperti perbankan dan kabupaten/kota dari luar Solo.

Acara dibuka langsung oleh Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, berbarengan dengan fashion show Juminten pada 28 November. Setelah itu pada hari kedua diadakan bakti sosial serta penampilan Putri Ariani dan Joy The Voice Kids Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Aplikasi Penghasil Cuan :D Dirumah saja tetap Dapet Duit !!!

Hallo Bosskyuuh semua. Perkenalkan aku Patrick Ananta berasal dari Jawa Tengah. Aku sudah lama sekali dirumahkan dikarenakan covid19 sehingg...