Tahukah Anda bahwa iOS mendukung aplikasi web - aplikasi yang dipasang dari halaman web, bukan dari App Store? Mereka bahkan akan terus berjalan setelah offline! Anda dapat menambahkannya ke layar Utama Anda juga, sehingga mereka bekerja sangat mirip dengan aplikasi asli. Beginilah cara membuatnya dengan Build 2.
Buat game Anda
Pertama-tama, Anda perlu mengembangkan permainan Anda. Beberapa hal yang perlu diingat adalah:
- Perangkat seluler (iPhone, iPad, dll.) Umumnya memiliki perangkat keras yang lebih lemah. Ini berarti mereka akan berjalan lebih lambat dari PC Anda. Anda harus menghindari penggunaan terlalu banyak objek atau acara jika berjalan terlalu lambat pada perangkat.
- Anda akan berurusan dengan berbagai ukuran viewport. iPhone dan iPad memiliki ukuran layar yang berbeda. Berikut adalah resolusi layar perangkat iOS yang berbeda (diberikan dalam orientasi potret):
iPhone 3 dan yang lebih lama: 320x480
iPhone 4: 640x960 (setiap piksel pada layar iPhone 3 adalah empat piksel pada layar iPhone 4 - layar memiliki ukuran fisik yang sama)
iPhone 5: 640x1136 (sedikit lebih tinggi dari iPhone 4)
iPad 2 dan sebelumnya: 768x1024
iPad 3+: 1536x2048
Cara menangani ukuran layar yang berbeda
Anda harus memastikan permainan Anda berfungsi untuk ukuran layar yang berbeda. Ada tutorial lain yang meliputi ini: Mendukung beberapa ukuran layar.
Menggunakan objek Sentuh
IPhone dan iPad semuanya menggunakan layar sentuh. Untuk mendapatkan input sentuhan, klik objek Sentuh dan siapkan beberapa peristiwa sentuh. Salah satu cara mudah untuk mengendalikan gim ini adalah memiliki kontrol di layar menggunakan beberapa sprite, dan mendeteksi sentuhan pada sprite tersebut dengan objek Aktif On menyentuh dan menyentuh kondisi objek. Ada banyak informasi di tutorial tentang kontrol sentuh di layar. Pengujian juga jauh lebih cepat jika Anda mempratinjau di jaringan lokal.
Ekspor dan unggah
Ekspor proyek Anda, dan unggah file Anda ke server. Kami punya aplikasi pengujian sederhana yang diunggah di http://www.scirra.com/labs/webapptest/ - hanya ubin tekstur di atas layar dan menampilkan ekspresi WindowWidth dan WindowHeight. Tidak terlalu menarik, tetapi mungkin berguna untuk pengujian Anda!
Menggunakan aplikasi Anda di iOS
Untuk menggunakan aplikasi Anda, pengunjung hanya perlu mengunjungi URL di browser Safari di perangkat mereka.
Sesampai di sana, mengetuk ikon menu menunjukkan tombol Tambahkan ke Layar Utama. Nama khusus dapat dimasukkan, dan kemudian ada di layar beranda Anda di samping semua aplikasi lain! Selamat, aplikasi Anda "terpasang"! (Benar-benar, itu hanya jalan pintas ke halaman web). Namun, berkat dukungan offline Construct 2, aplikasi web akan tetap berjalan bahkan setelah pengguna offline, seperti aplikasi nyata! Lihat tutorial tentang dukungan Offline dalam Construct 2 untuk informasi lebih lanjut.
Catatan tentang ukuran jendelaSaat aplikasi Anda ditampilkan di Safari, ukuran jendela akan sedikit lebih kecil, karena Safari akan memiliki beberapa tombol di bagian atas dan bawah layar. Setelah Anda menambahkan aplikasinya ke layar utama, itu akan diluncurkan dalam layar penuh - tombol di bagian atas dan bawah akan hilang. Jadi sebaiknya Anda mendorong pengguna untuk Menambahkan ke Layar Utama.Anda juga dapat mencoba mengaktifkan Sembunyikan bilah alamat di Properti Proyek untuk memperbesar ukuran layar di iPhone. Sayangnya iPad memiliki bilah alamat tetap sehingga opsi ini tidak akan berfungsi pada mereka, tetapi mereka tidak memiliki layar kecil seperti itu.
Keuntungan dan kerugianAplikasi web adalah alternatif yang cukup sedikit diketahui untuk membuat aplikasi App Store (asli) di iOS. Berikut perbandingan singkatnya.
Keuntungan- Anda tidak memerlukan langganan pengembang iOS. Apple membebankan pengembang iOS $ 99 setahun untuk memungkinkan mereka membuat aplikasi App Store. Aplikasi web dapat dibuat secara gratis.- Apple tidak dapat menolak aplikasi Anda. Apple terkenal karena menolak aplikasi iOS orang yang sudah mereka garap keras. Selain itu, terkadang mereka mempersulit Anda untuk memperbarui aplikasi yang sudah ada. Aplikasi web hidup di internet, yang tidak dikontrol Apple. Jadi Anda bebas untuk mempublikasikan dan memperbarui aplikasi Anda tanpa batas.
- Mereka bekerja offline. Terima kasih untuk dukungan offline Construct 2, aplikasi akan tetap berjalan bahkan setelah pengguna offline - seperti aplikasi nyata.
- Anda dapat menggunakan sistem pembayaran Anda sendiri. App Store mencegah Anda mengambil pembayaran sendiri. Anda harus menggunakan sistem pembayaran Apple dari mana mereka mengambil potongan 30%. Dengan aplikasi web, Anda dapat mengatur sistem pembayaran Anda sendiri langsung dengan pelanggan dan mengambil semua keuntungan tanpa dipotong sama sekali ke Apple.
- Kinerja bagus. Di iOS 5+, Safari adalah browser berkinerja tinggi untuk game HTML5. Anda bisa mendapatkan framerata yang baik bahkan ketika ditambahkan ke layar awal.
Kekurangan
- Anda tidak dapat menjual atau mempromosikan aplikasi Anda di App Store. Aplikasi web Anda pada dasarnya harus gratis, dan Anda harus menemukan cara untuk memberi tahu pengguna tentang mereka selain melalui App Store.
- Audio tidak akan diputar hingga sentuhan pertama. Namun, ini biasanya tidak terlalu penting dan dapat dengan mudah dikerjakan dengan layar "sentuh untuk memulai" yang memainkan suara saat Anda menyentuhnya.
Kesimpulan
Aplikasi web adalah alternatif menarik untuk memublikasikan aplikasi di App Store. Lebih murah dan mudah, tetapi jelas mereka tidak terdaftar di App Store.
Jika Anda ingin mencoba membuat aplikasi asli iOS, Anda juga dapat mencoba mengekspor untuk iOS dengan Ejecta.
Buka kunci potensi gamedev lengkap Anda
Upgrade ke Personal Edition of Construct 2, ini memiliki lebih banyak fitur dan tidak akan menahan diri untuk menghasilkan uang dan menggunakan kreativitas penuh Anda seperti yang dilakukan oleh edisi gratis. Ini adalah pembayaran satu kali dan semua Pembaruan editor 2 konstruk gratis seumur hidup!
Reference :
Making an iOS web app with Construct 2
No comments:
Post a Comment